Abraham Samad Ucapkan Terima Kasih Kepada Penyidik Polri Sulselbar


Keluarga mengaku tidak mengetahui kehadiran Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif Abraham Samad saat memenuhi panggilan pemeriksaan atas tuduhan pemalsuan dokumen data kependudukan di Polda Sulselbar.
"Tidak tahu. Kami semua tidak tahu jadwalnya dia langsung ke Polda Sulselbar bersama tim hukum dan teman-temannya," kata kakak kandung Abraham, Imran Samad di Makassar, Selasa (24/2).
Ia mengatakan kehadiran Abraham di Makassar baru diketahui setelah adanya pemberitaan di media elektronik serta di status Blackberry Masengger (BBM) miliknya dari teman-teman media.
"Saya sama sekali tidak tahu karena banyak kesibukan. Saya hanya memantau perkembangan Abraham dari media dan sosial media," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar ini.
Kehadiran Abraham di Makassar guna memenuhi panggilan pemeriksaan Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat di Makassar terkait dugaan pemalsuan dokumen kependudukan untuk pembuatan paspor atas nama Feriyani Liem 2007 lalu yang menyeret dirinya.
Abraham Samad didamping seorang sahabatnya Upi Asmaradana tiba di kantor polisi setempat pukul 12.45 WITA menggunakan mobil merah maron jenis Suzuki Ertiga. Ia kemudian bersama tim hukumnya memasuki ruang pemeriksaan Direskrim Polda Sulsel didampingi staf KPK.
Staf KPK dari biro bantuan hukum Indra Mantongbati yang ditunjuk mendampingi Abraham mengatakan dirinya hanya mengawal proses hukum mantan Direktur Anti Corruption Commitee (ACC) itu.
Mengenai langkah hukum yang akan ditempuh, kata dia, diperintahkan mendampingi Abraham selama pemeriksaan berlangsung. Saat ditanyai berapa pengacara yang disiapkan KPK, Indra menyatakan pihaknya tidak menyiapkan pengacara tetapi bantuan hukum.
"Tidak ada pengacara tapi bantuan hukum yang diberikan kepadanya. Mengenai pengacara diserahkan ke Yayasan Lembaga Bantuan Hukum baik dari Jakarta maupun Makassar," ujarnya.
Pemeriksaan mantan pengiat antikorupsi Sulawesi ini akhirnya ditunda karena mengalami sakit, sehingga polisi menyatakan akan menjadwalkan pemeriksaan ulang dalam waktu dekat.

Fenomena Batu Mulia Menjangkiti Roro Fitriani

Belakangan masyarakat Indonesia tengah dihebohkan dengan fenomena batu mulia dan batu antik. Batu-batu tersebut kini bukan lagi sesuatu yang aneh untuk dikoleksi. Bahkan cenderung kini harganya terbilang fantastis.

Termasuk dengan artis Roro Fitria. Pemain film 'Bangkitnya Suster Gepeng' tersebut mengaku sudah memiliki warisan berupa batu-batu mulia. Batu tersebut didapatkannya dari warisan turun temurun.

"Aku itu kebetulan warisan turun temurun dari eyang uyut ke orangtua aku lalu ke aku. Karena dari empat bersaudara aku yang paling rajin ritual. Jadi dari sejak aku akil balig memang selalu melakukan prosesi," jelasnya saat ditemui di Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Kini koleksi batu mulia Roro Fitria sendiri berjumlah delapan buah. "Kalau di Jakarta ada tiga dan kalau di Yogyakarta ada lima jadi semuanya itu delapan," urainya lagi.

Lantas apakah Roro ikut mencari batu mulia guna manambah koleksinya?

"Kalau hunting nggak. Kalau hunting berarti sudah nggak warisan. Jadi yang aku rawat itu warisan dari leluhur aku. Jadi aku nggak ada niatan buat hunting gitu," tutupnya.

Ashanty Nomel di Instagtam Masalah Komentar Negatif Followers....


Ashanty lagi sebel dengan komentar-komentar negatif di instagramnya. Ada followers yang komentar, menuding kecantikan istri Anang Hermansyah itu tidak alami alias operasi plastik.

Ibu kandung  Arsy Addara Musicia Nurhermansyah itu dituding telah melakukan operasi plastik di bagian hidung dan mentato alisnya.

Ashanty langsung mengungkapkan kejengkelannya dituduh seperti itu.

"Sorry ya udah gerah banget sama comment orang-orang nggak penting. Kalian nggak takut yah kalau nuduh atau fitnah orang itu dosanya besar banget? Bilang oplas lah, hidung palsu, tato alis, sedot pipi lah, ampun deh! Sampai sekarang muka saya nggak ada yg dioplas apa tato," tulis Ashanty di akun instagramnya.

Balasannya, Ashanty mengunggah pose bersama Arsy yang sedang tidur. Ashanty memamerkan wajahnya yang tanpa make-up dan membiarkan alisnya terlihat alami. Ia bahkan menunjukkan bentuk hidungnya yang mancung.

"Kalau hidung dioperasi, anaknya nggak akan gini hidungnya. Sebenernya nggak perlu buktiin begini, tapi lama-lama capek juga. Lagian kalau mau operasi atau apa pun uang uang saya, dosa dosa saya, emang nyusahin kalian?!"

Benzema: Madrid Kini Sudah Jauh Lebih Baik

Karim Benzema menilai Real Madrid sudah menunjukkan penampilan yang jauh lebih baik, usai mereka menang 2-0 atas Elche di La Liga dini hari tadi.

Hasil tersebut membuat tim ibu kota kini unggul empat poin atas Barcelona di puncak klasemen La Liga. Benzema sendiri ikut mencetak satu gol di laga yang digelar di Martinez Valero itu.

"Kami menang dengan perasaan yang bagus, kami bermain dengan amat baik, sama-sama bertahan, menyerang bersama, dan saya yakin sekarang kami sudah bermain dengan jauh lebih baik," tutur Benzema pada AS.

"Saya tidak yakin kami mengalami perubahan sikap, namun ketika kami bermain baik seperti hari ini, kami mampu membuat banyak peluang," pungkasnya

Eric Abidal Tegaskan Messi Bukan Penguasa Camp

Mantan pemain Barcelona, Eric Abidal, menegaskan bahwa Lionel Messi bukanlah sosok yang bisa mengendalikan segalanya di Camp Nou.

Sebelumnya sempat muncul gosip yang menyebut Messi punya kekuasaan yang amat besar di klub. Ia bahkan disebut bisa mengancam posisi Luis Enrique di posisi sebagai pelatih kepala Barcelona.

"Pengaruhnya di Barcelona memang total. Dengan gol yang ia cetak, ia mampu menutupi tekanan, mampu menghadapi semua masalah. Ia memanggul beban tim di pundaknya dan membuat semuanya menjadi tenang. Ia bagian dari pengambil keputusan di tim," tutur Abidal pada Telefoot.

"Saya tidak pernah melihat Leo meminta apapun. Bahkan terkait susunan tim," pungkasnya

OKEZONE

TEMPO

Jadwal Seru Liga Inggris Sabtu dan Minggu

Chelsea akan melawan Burnley, MU ditantang Swansea, sedangkan Liverpool akan menghadapi Southampton.

Republika

'Kongres KNPI di Jayapura Jangan Direkayasa'
Ketua Umum DPP KNPI, Taufan EN Rotorasiko (kanan) dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di sela-sela Silatnas DPP KNPI di Bandung yang berahir Selasa (17/2) malam.
JAYAPURA -- Kongres KNPI ke-14 di Jayapura, Papua,...
Muslimah HTI Tolak Kontes Putri Indonesia
Pemerintah Minta Bulog Perbanyak Suplai Beras
Mantan Dubes Australia; Boikot Indonesia Hanya 'Ajakan Tolol'
KEK Tanjung Lesung Siap Beroperasi
Ini Alasan Jonan tak Bisa Cabut Izin Lion Air
Poros Muda Golkar: Pemerintah Australia Biadab
Frekuensi Terbang Lion Air Terancam Dipangkas
BB Seri Terbaru Tampilkan Amazon Appstore
Dubes Irak di PBB Menilai ISIS Lakukan Genosida
Bareskrim Tegaskan Kasus Abraham Samad tidak Berhenti
Pimpinan KPK Temui Kapolri, Jaksa Agung dan Ketua MA
Penerbangan Lion Air di Makassar Juga Tertunda
Menlu Bishop Klarifikasi Komentar Bantuan Tsunami-Bali Nine dengan Wapres JK
PM Tony Abbott Dikecam karena Serang Ketua Komnas HAM Australia

KOMUNITAS

 
Komunitas adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber

daya, preferensi, kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi
 
lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa Latin communitas

yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis 
sekumpulan orang mempunyai sesuatu yang sama secara geografis
 
saling mengenal satu sama lain sehingga tercipta interaksi dan memberikan konstribusi bagi lingkungannya.
Berdasarkan Minat
Sekelompok orang yang mendirikan suatu komunitas karena mempunyai ketertarikan dan minat yang sama, misalnya agama, pekerjaan, suku, ras, hobi maupun berdasarkan kelainan seksual. Komunitas berdasarkan minat memiliki jumlah terbesar karena melingkupi berbagai aspek, contoh komunitas pecinta animasi dapat berpartisipasi diberbagai kegiatan yang berkaitan dengan animasi, seperti menggambar, mengkoleksi action figure maupun film.
Berdasarkan Komuni
Komuni dapat berarti ide dasar yang dapat mendukung komunitas itu sendiri.

 
 

 


Ini Mobil Yang Paling Dicari 2015

Penjualan Mobil nasional diperkirakan masih berkutat di angka 1,2 juta unit. Untuk jenis mobil, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto, menuturkan bahwa mobil yang menjanjikan efisiensi bahan bakal paling di lirik konsumen tahun ini. 

"LCGC makin banyak peminatnya. Ini menjadi penyebab penjualan mobil 4x2 dengan mesin 1,2 liter turun dan shifting ke LCGC sehingga otomatis naik," terangnya di Hotel Mulia, Jakarta.

Menurut Jongkie, tingginya permintaan terhadap LCGC tak lepas dari faktor efisiensi bahan bakar. Bahkan syarat untuk Agya cs harus bisa memenuhi 20km/liter.

"Kalau premium akan naik harganya, tentu orang akan mencari kendaraan yang irit bahan bakar. Apalagi katanya, premium akan dihapus," imbuh dia.

Praktis, faktor efisiensi menjadi yang utama bagi konsumen Indonesia. Sementara untuk fungsionalitas mulai ditinggalkan. Meskipun Jongkie tak menampik ada LCGC yang mampu mengakomodasi tujuh penumpang.

"Efisiensi bahan bakar menjadi faktor penentu di samping akomodasi. Kan sekarang ada LCGC yang 7 penumpang," ujarnya. 

Adapun, sepanjang 2014 Gaikindo mencatat penjualan City Car dan LCGC mencapai 216.575 unit. Di mana 172.120 unit berasal dari LCGC dan sisanya yakni 44.455 unit dari City Car.

Perseteruan Konflik PPP, Antara Kedua Kubu Djan Faridz dan Romahurmuzy

Perseteruan kedua kubu Partai Persatuan Pembanguan (PPP) masih berlanjut. Konflik internal partai itu memasuki sidang Pengadilan Tinggi Usaha Negara (PTUN).

Dalam sidang itu, Suharso Monoarfa, yang kini menjabat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), dihadirkan sebagai saksi dari kubu Romahurmuzy.

Kuasa Hukum PPP kubu Djan Faridz, Humphrey Djemat, mengatakan, hal itu dianggap sebagai bentuk intimidasi halus. Kubu Djan Faridz merasa keberatan dengan kehadiran Suharso sebagai saksi.

"Berkaitan dengan jabatannya sebagai Wantimpres, dan baru saja dilantik, seharusnya dia (Suharso) bersikap netral dan tidak memperlihatkan keberpihakan politiknya sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Wantimpres," ujar Humphrey dalam keteranganny.

Menurut Humprey, PPP kubu Romahurmuzy seharusnya bisa mengajukan saksi lain dan hakim bisa mempertimbangkan terkait jabatan Suharso sebagai wantimpres. Namun, menurutnya, hakim tidak menghiraukan protesnya itu.

Mengenai proses sidang, lanjut Humprey, keberatan dengan kesaksian yang diberikan Suharso, salah satunya saat persidangan, Suharso mengatakan bahwa ada ucapan selamat yang diberikan Ketua Majelis Syariah, KH Maimoen Zubair (Mbah Moen), setelah diselenggarakan Muktamar di Surabaya.

"Namun saksi tidak mendengarkan langsung Mbah Moen bicara, tetapi mendengar dari orang lain. Kami harap keterangan ini tidak didengarkan oleh hakim sebab berdasarkan Undang-Undang, keterangan yang harus diambil adalah keterangan saksi yang saksi lihat sendiri, dengarkan sendiri dan alami sendiri. Jadi kami menilai keterangan tersebut bukan fakta," katanya

Namun dalam keterangan yang diberikan Suharso, ada pernyataan yang, menurutnya, justru menguatkan kubu Djan Faridz. Pernyataan itu adalah bahwa sesuai ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PPP, Pasal 51 ayat 2, yang menyebutkan Muktamar dilakukan selambat-lambatnya satu tahun saat pemerintahan baru dibentuk.

"Tapi nyatanya, Muktamar di Surabaya itu dilakukan pada 15-17 Oktober 2014, dan pemerintahan baru baru terbentuk pada 20 Oktober 2014. Dengan demikian dipersoalkan keabsahan dari Muktamar Surabaya," ujarnya

Muktamar Surabaya tak sah

Humprey melanjutkan, saksi juga mengakui bahwa yang sah sebagai penyelenggara Muktamar adalah pihak Suryadharma Ali, bukan Emron Pangkapi. Hal itu berdasarkan surat Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.

Diketahui dalam surat itu, Suryadharma Ali tetap diakui sebagai Ketua Umum dan tidak ada pengesahan untuk kubu Emron Pangkapi. "Jadi Muktamar di Surabaya tidak sah karena Suryadharma Ali sebagai Ketua Umum tidak hadir," katanya

Selain itu, lanjutnya, ditanyakan pula mengenai persetujuan dari KH Maimoen Zubair sebagai Dewan Syariah PPP untuk Muktamar di Surabaya. Namun ternyata persetujuan itu tidak diketahui secara langsung atau secara tertulis.

"Padahal putusan Mahkamah Partai menyatakan Muktamar harus dilaksanakan atas persetujuan dan keterlibatan Majelis Syariah," tambahnya.


100 Hari Kerja Pemerintah Pastikan Belum Ada Penggantian Menteri

Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla tak lama lagi memasuki masa 100 hari. Mereka dilantik pada 20 Oktober 2014.

Namun, belum genap 100 hari persoalan terus muncul. Ada menteri yang tak bisa memberikan respons baik ketika menghadapi suatu gejolak. Misalnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Tedjo Edi Purdjianto.

Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla, memastikan belum ada rencana pergantian menteri (reshuffle) jelang 100 hari pemerintahan baru itu. "Belum. Masa 100 hari langsung reshuffle," kata dia di kantornya, Jakarta,

Wapres juga membantah akan ada evaluasi terhadap kinerja mereka jelang 100 hari. Evaluasi tak perlu menunggu momentum tertentu. “Kapan pun dia selalu dievaluasi," katanya.

Tetap semangat

Menurut Wapres, para menteri dalam Kabinet Kerja sekarang masih bersemangat. Itu itu tidak hanya muncul saat pidato serah-terima jabatan.

"You (Anda) sekarang cari menteri tidak banyak di kota karena harus ke daerah untuk melihat keadaan, melaksanakannya. Jadi semangat itu ada semangat untuk pidato awalnya, perencanaan, ya, mesti pidato. Sekarang semangatnya harus kerja," kata JK.

Dia menilai, banyak menteri yang diberitakan tengah berada di sejumlah daerah di Tanah Air. Itu tanda bahwa mereka bekerja dan tidak hanya duduk manis di kantor.

"Saya mau rapat saja tidak bisa karena semua menteri tidak ada. Hari ini mesti rapat dua kali, tidak ada, karena semua ikut Presiden dalam hal pelabuhan, melihat listrik," tuturnya.

Tidak Datang ke Pesta Ulang Tahun, Bocah Ditagih 300.000

Tiada kesan tanpa kehadiranmu. Itulah ungkapan yang biasa Anda lihat pada undangan pesta ulang tahun yang diberikan teman saat kecil.

Bagi Alex Nash, seorang bocah lima tahun di Cornwall, Inggris, ungkapan tersebut berubah menjadi, tanpa kehadiranmu, tagihan datang menyusul. Bocah lima tahun ini menerima tagihan sebesar 15,95 pound sterling atau Rp 300 ribu lantaran tidak bisa menghadiri pesta ulang tahun salah satu teman sekolahnya.(kurs: Rp 18.785 per pound sterling)

Nash tidak bisa hadir karena sang orangtua memang sudah mengatur janji dengan kakek dan neneknya. Betapa kagetnya ayah Nash saat melihat tagihan itu di dalam tas sekolah puteranya.
Menurut sang ayah, jumlah uang dalam tagihan itu sama sekali bukan persoalan. Tapi cara mengumpulkan uang dengan licik yang menjadi masalah utama.

Bagaimana kelanjutan kisah tagihan konyol ini? Apakah ayah Alex Nash bersedia membayar? Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari Oddee.com, BBC.com, dan The Daily Telegraph,

Hajatan Industri Otomotif 2015

Tak seperti penyelenggaraan tahun sebelumnya, hajatan industri otomotif tahun ini berubah nama dari Indonesia International Motor Show (IIMS) menjadi Indonesia International Auto Show (IIAS).

Menurut Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto, IIAS menjadi satu-satunya pameran yang didukung asoisasi industri roda empat.

"Gini, yang kami (Gaikindo) melakukan itu hanya satu, namanya Indonesia International Auto Show (IIAS). Itu Insya Allah akan kita lakukan bulan Agustus. Kita cuma bikin satu," terang Jongkie di Hotel Mulia, Jakarta.

Kemudian ketika ditanya perihal alasan mengapa mengganti nama dari IIMS ke IIAS, Jongkie menjelaskan label tersebut mengikuti beberapa pameran yang dilakukan di sejumah negara.

"Di mana-mana juga auto show, makanya kita ganti. Kami nggak ada masalah dengan Dyandra (penyelenggara IIMS), beberapa kali kita bertemu. Hanya saja pada kali ini kita kerjasama dengan EO lain, jadi nggak masalah," papar dia.

Lantas apa yang bakal dijanjikan IIAS 2015? Apakah konsepnya masih seperti IIMS? "Yang pasti nanti digelar di BSD dengan lahan 60 ribu meter persegi. Kalau yang lain tanya pak Johny Darmawan," tutup dia.

Lamborgini Gallardo Masuk Danau

KECELAKAAN yang melibatkan Lamborghini lagi-lagi terjadi. Penyebabnya tentu tak lain karena performa tinggi yang dimiliki supercar berlogo banteng ini yang sering membuat orang lupa diri.

Kali ini, sebuah Lamborghini Gallardo yang telah dimodifikasi dilaporkan masuk ke dalam danau. Insiden ini terjadi ketika supercar tersebut sedang mengikuti perlombaan balap bernama WannaGOFAST di Florida.

Seperti dilansir dari Worldcarfans, terceburnya Lamborghini Gallardo dengan output tenaga sebesar 2.000 horse power ini bermula ketika mobil sedang dipacu dalam kecepatan mencapai 322 kilometer per jam.

Menurut penuturan si pebalap, mobil tiba-tiba saja hilang kendali ketika dalam kecepatan tinggi dan kemudian meluncur ke arah danau.

Saat insiden terjadi, permukaan air pada danau kebetulan sedang surut dan dangkal sehingga membuat Gallardo nahas tersebut tidak sampai tenggelam.

Si pebalap yang mengemudikan Gallardo dilaporkan selamat dan tidak mengalami cidera serius. Kondisi Gallardo yang mengalami insiden pun dilaporkan tidak mengalami kerusakan serius dan hanya mengalami kerusakan pada bagian mesin akibat terendam air.

WAWANCARA

WAWANCARA (bahasa Inggris: interview) merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi di mana sang pewawancara melontarkan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai. Ankur Garg, seorang psikolog menyatakan bahwa wawancara dapat menjadi alat bantu saat dilakukan oleh pihak yang mempekerjakan seorang calon/ kandidat untuk suatu posisi, jurnalis, atau orang biasa yang sedang mencari tahu tentang  kepribadian seseorang ataupun mencari informasi.

Bentuk wawancara

Bentuk-bentuk wawancara antara lain:
  1. Wawancara berita dilakukan untuk mencari bahan berita.
  2. Wawancara dengan pertanyaan yang disiapkan terlebih dahulu.
  3. Wawancara telepon yaitu wawancara yang dilakukan lewat pesawat telepon.
  4. Wawancara pribadi.
  5. Wawancara dengan banyak orang.
  6. Wawancara dadakan / mendesak.
  7. Wawancara kelompok dimana serombongan wartawan mewawancarai seorang, pejabat, seniman, olahragawan dan sebagainya.
Sukses tidaknya wawancara selain ditentukan oleh sikap wartawan juga ditentukan oleh perilaku, penampilan, dan sikap wartawan. Sikap yang baik biasanya mengundang simpatik dan akan membuat suasana wawancara akan berlangsung akrab alias komunikatif. Wawancara yang komunikatif dan hidup ikut ditentukan oleh penguasaan permasalahan dan informasi seputar materi topik pembicaraan baik oleh nara sumber maupun wartawan.

Ditinjau dari segi pelaksanaannya, wawancara dibagi menjadi 3 jenis yaitu:
  • Wawancara bebas
Dalam wawancara bebas, pewawancara bebas menanyakan apa saja kepada responden, namun harus diperhatikan bahwa pertanyaan itu berhubungan dengan data-data yang diinginkan. Jika tidak hati-hati, kadang-kadang arah pertanyaan tidak terkendali.
  • Wawancara terpimpin
Dalam wawancara terpimpin, pewawancara sudah dibekali dengan daftar pertanyaan yang lengkap dan terinci.
  • Wawancara bebas terpimpin
Dalam wawancara bebas terpimpin, pewawancara mengombinasikan wawancara bebas dengan wawancara terpimpin, yang dalam pelaksanaannya pewawancara sudah membawa pedoman tentang apa-apa yang ditanyakan secara garis besar.

SPORT ATAU OLAHRAGA

SPORT/OLAHRAGA adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. 

Pada makhluk hidup, tubuh atau badan adalah bagian fisik materi manusia atau hewan, yang dapat dikontraskan dengan roh, sifat, dan tingkah laku. Menurut KBBI tubuh juha berarti keseluruhan jasad manusia atau binatang yangg kelihatan dari bagian ujung kaki sampai ujung rambut.

Tubuh sering digunakan dalam konteks dengan penampilan, kesehatan, dan kematian. Tubuh seseorang yang telah meninggal disebut mayat atau jenazah. Tubuh hewan yang mati disebut bangkai.

Ilmu yang mempelajari fungsi tubuh adalah fisiologi, sedangkan yang ilmu yang mempelajari susunan serta struktur tubuh disebut Anatomi.

TEKNIK OTOMOTIF

Teknik OTOMOTIF  adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk. Teknik otomotif menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, biologi dan manajemen.
Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi :
  • Perencanaan (product atau design)
  • Pengembangan (development)
  • Produksi (manufacturing)
  • Perawatan (maintenance)
Di Indonesia saat ini cabang yang sangat berkembang adalah perawatan dan umumnya mengenai perawatan mobil dan sepeda motor.

Dalam teknik otomotif, menguasai sistem-sistem yang ada alat-alat transportasi darat merupakan suatu keharusan. Sistem tersebut terdiri beberapa sistem utama dan puluhan subsistem. Sistem tersebut dapat dikelompokkan :
  1. Mesin (engine)
    • Mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).
    • Sistem bahan bakar (fuel system).
      • Tangki bahan bakar.
      • Pompa bahan bakar.
      • Karburator atau Sistem injeksi bahan bakar.
    • Sistem pengapian (ignition system).
    • Sistem pemasukan udara dalam ruang bakar (intake system).
    • Sistem pembuangan udara hasil pembakaran (exhaust system).
    • Sistem pendinginan (cooling system).
    • Sistem pelumasan (lubricating system).
    • Sistem keseimbangan roda (spooring balancing)
  2. Pemindah daya (power train).
    • Sistem transmisi (transmission system).
    • Rangkaian penggerak (drive train).
      • Transfer case (untuk penggerak 4 roda)
      • Penggerak akhir (final drive)
      • Roda (wheel)
  3. Sistem kemudi (steering system).
  4. Sistem suspensi (suspension system).
  5. Sistem rem (brake system).
  6. Bodi.
  7. Sistem listrik (electrical system).

TEKNOLOGI

TEKNOLOGI adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam beperjalanan dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai; pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah, dari pentungan sampai senjata nuklir.

Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki, yang disebut pencemar, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi baru seringkali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh, meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada awalnynya hanya menyangku permesinan, contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.

bahwa keadaan ini membahayakan lingkungan dan mengucilkan manusia; penyokong paham-paham seperti transhumanisme dan tekno-progresivisme memandang proses teknologi yang berkelanjutan sebagai hal yang menguntungkan bagi masyarakat dan kondisi manusia. Tentu saja, paling sedikit hingga saat ini, diyakini bahwa pengembangan teknologi hanya terbatas bagi umat manusia, tetapi kajian-kajian ilmiah terbaru mengisyaratkan bahwa primata lainnya dan komunitas lumba-lumba tertentu telah mengembangkan alat-alat sederhana dan belajar untuk mewariskan pengetahuan mereka kepada keturunan mereka.

EKONOMI

EKONOMI merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Beberapa faktor yang memengaruhi sehingga jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain:
  • Faktor ekonomi
  • Faktor lingkungan sosial budaya
  • Faktor fisik
  • Faktor pendidikan
  • Faktor moral
Tindakan ekonomi adalah setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan. misalnya: Ibu memasak dengan kayu bakar karena harga minyak tanah sangat mahal. Tindakan ekonomi terdiri atas dua aspek, yaitu :
  • Tindakan ekonomi Rasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan dan kenyataannya demikian.
  • Tindakan ekonomi Irrasional, setiap usaha manusia yang dilandasi oleh pilihan yang paling menguntungkan namun kenyataannya tidak demikian.

Motif Ekonomi

Motif ekonomi adalah alasan ataupun tujuan seseorang sehingga seseorang itu melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi terbagi dalam dua aspek:
  • Motif Intrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas kemauan sendiri.
  • Motif ekstrinsik, disebut sebagai suatu keinginan untuk melakukan tindakan ekonomi atas dorongan orang lain.
Pada prakteknya terdapat beberapa macam motif ekonomi:
  • Motif memenuhi kebutuhan
  • Motif memperoleh keuntungan
  • Motif memperoleh penghargaan
  • Motif memperoleh kekuasaan
  • Motif sosial / menolong sesama

DUNIA

DUNIA adalah nama umum yang digunakan untuk menyebut keseluruhan peradaban manusia, pengalaman manusia, sejarah, atau kondisi manusia secara umum di seluruh Bumi, atau mengenai segala sesuatu yang terdapat di atasnya.
Dalam konteks filosofi, dunia bisa merujuk pada:
  1. Keseluruhan fisik alam semesta, atau
  2. Sebuah konsep ontologi
Dalam konteks teologi, dunia biasanya mengacu pada materi atau profan duniawi, lawan dari samawi atau langit, bersifat spiritual, transenden atau sakral. Akhir dunia mengacu pada skenario akhir dari sejarah manusia, seringkali dijelaskan dalam konteks agama.

Sejarah dunia umumnya mencakup perkembangan geopolitik sejak lima ribu tahun yang lalu, dari peradaban pertama hingga saat ini.

Populasi dunia adalah jumlah semua penduduk manusia yang menghuni Bumi. Ekonomi dunia adalah perekonomian seluruh masyarakat dunia, terutama dalam konteks globalisasi. Populasi dunia saat ini berjumlah sekitar 7 miliar, yang terbagi menjadi 206 negara berdaulat dan wilayah lainnya.

Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan muncul di permukaannya pada miliar tahun pertama. Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon, yang bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan.

Litosfer Bumi terbagi menjadi beberapa segmen kaku, atau lempeng tektonik, yang mengalami pergerakan di seluruh permukaan Bumi selama jutaan tahun. Lebih dari 70% permukaan Bumi ditutupi oleh air, dan sisanya terdiri dari benua dan pulau-pulau yang memiliki banyak danau dan sumber air lainnya yang bersumbangsih terhadap pembentukan hidrosfer. Kutub Bumi sebagian besarnya tertutup es; es padat di lapisan es Antarktika dan es laut di paket es kutub. Interior Bumi masih tetap aktif, dengan inti dalam terdiri dari besi padat, sedangkan inti luar berupa fluida yang menciptakan medan magnet, dan lapisan tebal yang relatif padat di bagian mantel.

Bumi berinteraksi secara gravitasi dengan objek lainnya di luar angkasa, terutama Matahari dan Bulan. Ketika mengelilingi Matahari dalam satu orbit, Bumi berputar pada sumbunya sebanyak 366,26 kali, yang menciptakan 365,26 hari matahari atau satu tahun sideris. Perputaran Bumi pada sumbunya miring 23,4° dari serenjang bidang orbit, yang menyebabkan perbedaan musim di permukaan Bumi dengan periode satu tahun tropis (365,24 hari matahari). Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi, yang mulai mengorbit Bumi sekitar 4,53 miliar tahun yang lalu. Interaksi gravitasi antara Bulan dengan Bumi merangsang terjadinya pasang laut, menstabilkan kemiringan sumbu, dan secara bertahap memperlambat rotasi Bumi.

Bumi adalah tempat tinggal bagi jutaan makhluk hidup, termasuk manusia. Sumber daya mineral Bumi dan produk-produk biosfer lainnya bersumbangsih terhadap penyediaan sumber daya untuk mendukung populasi manusia global. Wilayah Bumi yang dihuni manusia dikelompokkan menjadi 200 negara berdaulat, yang saling berinteraksi satu sama lain melalui diplomasi, pelancongan, perdagangan, dan aksi militer.

BANGSA

BANGSA adalah suatu kelompok manusia yang dianggap memiliki identitas bersama, dan mempunyai kesamaan bahasa, agama, ideologi, budaya, dan sejarah. Mereka umumnya dianggap memiliki asal usul keturunan yang sama

Faktor-faktor pembentukan suatu bangsa sangat berkaitan dengan identitas yang menyatukan masyarakat. Faktor tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Primordial yang termasuk dalam faktor ini yaitu ikatan kekerabatan, kesamaan suku bangsa, daerah, bahasa dan adat istiadat. 
  • Sakral dalam faktor ini yaitu adanya kesamaan agama yang dianut oleh masyarakat dan dalam hal ini agama dapat membentuk suatu ideologi doktrin yang kuat dalam masyarakat, sehingga keterkaitannya dapat menimbulkan bangsa.
  • Tokoh menjadi salah satu faktor pembentuk bangsa karena bagi masyarakat, tokoh dijadikan sebagai panutan untuk mewujudkan misi-misi bangsa.
  • Sejarah merupakan salah satu faktor pembentukan bangsa karena sejarah dan pengalaman masa lalu seperti penderitaan akan melahirkan solidaritas sehingga memungkinkan untuk membentuk satu tekad dan satu tujuan antar kelompok masyarakat.
  • Perkembangan Ekonomi dikatakan sebagai faktor pembentukan bangsa karena semakin meningkatnya perkembangan ekonomi semakin beragam pula kebutuhan masyarakat sehingga membuat masyarakat semakin ketergantungan satu sama lain dan secara tidak langsung akan membuat masyarakat ingin membentuk satu kesatuan yaitu bangsa sebagai jalan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain.

Sejarah Indonesia Sebagai Bangsa

Bangsa Indonesia tumbuh sebagai hasil interaksi masyarakat yang terjadi secara alamiah. Di sini ada kehendak yang tumbuh karena sejarah yang sama untuk jadi satu kesatuan bangsa yang merdeka. Akan tetapi Ernest Renan berpendapat bahwa tidak ada satu hal yang mutlak sama. Di dalam masyarakat selalu ada perbedaan-perbedaan, maka dalam masyarakat selalu ada toleransi dalam setiap intaraksi yang tujuannya agar tidak ada konflik. Kapan bangsa Indonesia tumbuh? secara alamiah bangsa Indonesia tumbuh atau muncul sebagai hasil intaraksi antara masyarakat Indonesia yang majemuk dan hal ini menjadi roh bangsa, seperti halnya bangsa Jerman yang sering menyebutnya dengan roh rakyat. Para filsuf Jerman mengaitkan roh bangsa dengan menyatukan masyarakat dengan alam yang satu. Namun, berbeda dengan Indonesia, Jerman bersatu karena perang penyatuan wilayah alamnya, sedangkan Indonesia bersatu karena adanya nasib yang sama. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, secara sadar pemimpin kita merumuskan sumpah pemuda, yang pada dasarnya adalah sumpah bangsa. Jadi secara politis dinyatakan dasar bangsa Indonesia berdiri pada saat sumpah pemuda tersebut. Bangsa Indonesia yang tampil kemudian menegara pada tanggal 17 agustus 1945. Bangsa dan negara itu kemudian menjadi satu kesatuan, Ernest Renan berpendapat bahwa ada bangsa dan negara yang tidak menjadi satu. Contohnya yang sering kita dengar adalah sebutan negara Australia tidak ada bangsa Australia.

Faktor-Faktor Pembentukan Bangsa Indonesia

Berikut ini merupakan faktor-faktor penting bagi pembentukan bangsa Indonesia.
  • Persamaan asal keturunan etnis.
  • Persamaan pola kebudayaan.
  • Persamaan tempat tinggal yang disebut dengan khas tanah air.
  • Persamaan sejarah.
  • Persamaan cita-cita.

Faktor-Faktor Pemersatu Bangsa Indonesia

Berikut ini merupakan faktor-faktor pemersatu bangsa Indonesia sebagai perekat persatuan.
  • Pancasila.
  • UUD 1945.
  • Bendera kebangsaan merah putih.
  • Lagu kebangsaan Indonesia Raya.
  • Bahasa Indonesia.
  • Satu wilayah Indonesia.
  • Satu pemerintahan Negara.

BISNIS

BISNIS Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

Bisnis terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.
  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  • Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer. lihat pula: Waralaba
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

BERITA

BERITA adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.
Laporan berita merupakan tugas profesi wartawan, saat berita dilaporkan oleh wartawan laporan tersebut menjadi fakta / ide terkini yang dipilih secara sengaja oleh redaksi pemberitaan / media untuk disiarkan dengan anggapan bahwa berita yang terpilih dapat menarik khalayak banyak karena mengandung unsur-unsur berita.

Stasiun televisi biasanya memiliki acara berita atau menayangkan berita sepanjang waktu. Kebutuhan akan berita ada dalam masyarakat, baik yang melek huruf maupun yang buta huruf.

Menulis berita bukan sekedar mencurahkan isi hati. Sebuah berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, aktual, dan informatif. Tidak seperti menulis karangan yang mendayu-dayu. Kualitas berita tentu harus memenuhi kriteria umum penulisan, yaitu 5W+1H yang sudah menjadi ‘sego jangan’ (di luar kepala) buat seorang jurnalis. Selain syarat tersebut, sebenarya ada juga syarat yang juga wajib dimengerti oleh seorang jurnalis, yaitu persyaratan bentuk. Dalam jurnalistik syarat bentuk ini lebih sering dikenal dengan sebutan ‘Piramida Terbalik’. Kenapa disebut Piramida Terbalik, karena bentuknya memang mirip dengan piramida mesir namun posisinya terbalik.

Mengapa kedua hal ini disebut sebagai dasar menulis bagi wartawan. Kedua teknik ini juga bisa, dan memang efektif, dipakai oleh penulis non-wartawan, termasuk bloger
5W=1H adalah singkatan dari “what, who, when, where, why, how,” yang dalam bahasa Indonesia menjadi “apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.” Semua unsur inilah yang harus terkandung dalam sebuah artikel biasa atau berita biasa.

Artikel berbentuk berita memiliki struktur unik: Inti informasi ditulis pada alinea awal (disebut sebagai "lead" atau "teras berita"; biasanya satu hingga dua paragraf), data-data penting menyusul pada alinea-alinea selanjutnya, lalu penjelasan tambahan, dan diakhiri dengan informasi lain yang bukan bersifat informasi utama. Inilah yang disebut sebagai piramida terbalik.

Piramida Terbalik adalah sebuah struktur penulisan atau bentuk penyajian sebuah tulisan yang umum dilakukan seorang wartawan. Kenapa harus menggunakan metode Piramida Terbalik, tentu maksudnya adalah agar pembacara dapat segera mengetahui inti dari berita yang ingin diketahuinya. Apalagi disaat seperti sekarang yang serba cepat. Berita online misalkan, sebaiknya dalam menyampaikan berita langsung ke pokok beritanya. Informasi- informasi penting (inti) disajikan di awal paragraf, selanjutnya informasi pendukung mengikuti paragraf berikutnya.

Bagi pembaca sebuah artikel, piramida terbalik memudahkannya menangkap inti cerita, sebab informasi yang paling pokok langsung dibeberkan sejak alinea-alinea awal.

Bagi wartawan maupun redaktur, akan memudahkan dalam penulisan dan editing berita, karena mereka lebih fokus pada pokok pikiran berita yang mereka tuliskan. Sedangkan redaktur pun akan sangat mudah dalam menyunting ataupun memotong berita, tinggal menghapus paragraf-paragraf akhir yang dianggap tidak terlalu penting. Sedangkan bagi media dengan penulisan Piramida Terbalik ini, akan menghemat space halaman.

Politik

POLITIK (dari bahasa Yunani: politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara), adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.[1] Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.
Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.
Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:
  • politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.
Dalam konteks memahami politik perlu dipahami beberapa kunci, antara lain: kekuasaan politik, legitimasi, sistem politik, perilaku politik, partisipasi politik, proses politik, dan juga tidak kalah pentingnya untuk mengetahui seluk beluk tentang partai politik.


Politik berasal dari bahasa Belanda politiek dan bahasa Inggris politics, yang masing-masing bersumber dari bahasa Yunani τα πολιτικά (politika - yang berhubungan dengan negara) dengan akar katanya πολίτης (polites - warga negara) dan πόλις (polis - negara kota).

Secara etimologi kata "politik" masih berhubungan dengan polisi, kebijakan. Kata "politis" berarti hal-hal yang berhubungan dengan politik. Kata "politisi" berarti orang-orang yang menekuni hal politik.

Teori politik merupakan kajian mengenai konsep penentuan tujuan politik, bagaimana mencapai tujuan tersebut serta segala konsekuensinya. Bahasan dalam Teori Politik antara lain adalah filsafat politik, konsep tentang sistem politik, negara, masyarakat, kedaulatan, kekuasaan, legitimasi, lembaga negara, perubahan sosial, pembangunan politik, perbandingan politik, dsb.

Terdapat banyak sekali sistem politik yang dikembangkan oleh negara negara di dunia antara lain: anarkisme,autoritarian, demokrasi, diktatorisme, fasisme, federalisme, feminisme, fundamentalisme keagamaan, globalisme, imperialisme, kapitalisme, komunisme, liberalisme, libertarianisme, marxisme, meritokrasi, monarki, nasionalisme, rasisme, sosialisme, theokrasi, totaliterisme, oligarki dsb.

Ini Adalah Misteri Dunia Yang Ada Hubungannya Dengan Indonesia

Dunia ini masih penuh dengan misteri


Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia masih penuh dengan misteri. Ada beberapa hal yang belum dapat diungkapkan penjelasannya oleh manusia, baik karena keterbatasan pengetahuan dan waktu meneliti, maupun memang sudah menjadi rahasia Ilahi. Berikut adalah lima misteri di dunia yang ada hubungannya dengan Indonesia.

Bahtera Nabi Nuh Tahun 1949, Angkatan Udara Amerika Serikat menemukan benda mirip kapal di atas gunung Ararat, Turki, dari ketinggian 14.000 kaki (4.600 m). Penampakan benda mirip kapal dengan panjang sekitar 150 meter juga ditemukan oleh pesawat tentara nasional Turki pada tahun 1960.

Penemuan benda ini diyakini sebagai lokasi berlabuhnya kapal Nabi Nuh setelah peristiwa banjir besar hukuman dari Tuhan. Akhirnya pada tahun 2010, peneliti arkeolog-antropologi dari dua negara, yaitu Cina dan Turki yang beranggotakan 15 orang, menemukan bukti baru.

4 Penyebab Perut Buncit Tanpa Sadar

Perut buncit terjadi dikarenakan beberapa kebiasaan yang tidak sehat. Yang pertama bisa disebabkan makan atau mengemil pada malam hari. Bagi anda yang suka makan atau mengemil pada malam hari sebaiknya segera hentikan karena pada malam hari bisanya orang akan melakukan sedikit sekali katifitas sehingga sedikit juga kalori yang akan digunakan. Menumpuk kalori bisa menyebabkan perut buncit.

Yang kedua berhenti untuk mengkonsumsi alkohol. Kandungan yang dimiliki alkohol seperti kalori dan guka hampir menyamai makanan berlemak. Alkohol dapat membuat kerja hati kita semakin keras untuk menetralisirnya. Sehingga gula yang seharusnya disaring terlebih dahulu menjadi terlewat dan menumpuk sehingga menyebabkan perut buncit. 
 
Yang ketiga ada duduk terlalu lama. Jika anda bekerja di kantor dan sudah terbiasa duduk lama maka dapat menyebabkan perut menjadi buncit dikarenakan posisi duduk yang kurang baik atau terlalu condong kedepan dan akan memberikan penekanan pada perut untuk kedepan.
 
Yang keempat adalah tidur sehabis makan. Jangan pernah tidur setelah makan karena pada saat tidur tubuh kita tidak melakukan aktifitas sehingga proses pencernaan pun tidak optimal. Makanan yang baru saja dimakan tidak akan tercerna secara baik dan bisa menyebabkan perut anda semakin terlihat buncit. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut buncti?, anda bisa melakukan beberapa olahraga untuk mengurangi perut buncit anda.

Ini Buku Yang Mempersilahkan ABG Berhubungan Seks Bebas

BUKU berjudul Saatnya Aku Belajar Pacaran yang ditulis Toge Aprilianto menuai kontroversi. Pasalnya dalam salah satu isi buku tersebut, ada bagian yang berisi solusi jika pacar mengajak berhubungan seks atau making love (ML).

Pada bagian tersebut, penulis mengatakan obrolan tentang ajakan berhubungan seksual menjadi bahasan paling penting dalam berpacaran. Si penulis juga mengatakan menjadi hal yang wajar jika pacar mengajak untuk berhubungan seks.

Si penulis pun malah memberikan solusinya jika pacar pembaca mengajak untuk berhubungan seks dengan mengiyakan untuk menurutinya. Asalnya baik si pembaca dan pacarnya sama-sama siap untuk melakukannya.

Foto bagian 'Pacar Ngajak ML' ini di-share pemilik akun Facebook, Teeamtamzir Bugeazt di Komunitas Bisa Menulis di Facebook. Ratusan orang pun menanggapi foto halaman buku tersebut yang sebagian besar mengecamnya.

Mandra Pelawak Legendaris Ditetapkan Sebagai Tersangka oleh Kajaksaan Agung RI


Dunia entertainment kembali terguncang setelah Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menetapkan artis senior Mandra Naih, alias Mandra, sebagai tersangka korupsi. Nama Mandra melambung lewat sinetron fenomenal SI DOEL ANAK SEKOLAHAN.

Mandra yang menjabat sebagai Direktur PT Viandra Production itu ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi program siap siar di TVRI tahun 2012 silam. Kasus ini pun masih ditangani oleh Kejaksaan Agung.

"Tersangkanya atas nama MDR (Mandra). Posisinya menjabat sebagai Direktur PT Viandra Production," ujar Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAMPidsus), R Widyo Pramono di Kejagung, Jakarta Selatan.

Widyo juga menambahkan kalau penyidik pun menetapkan dua tersangka lainnya, yakni pejabat teras di TVRI, YKM (Yulkasmir) Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Direktur PT Media Art Image berinisial IC (Iwan Chermawan).

Menurut dia, nilai proyek di TVRI dalam kasus tersebut mencapai 40 miliar rupiah. Penetapan ketiganya sebagai tersangka sebagaimana Surat Perintah Penyidikan tertanggal 10 Februari 2015. Ketiganya dijerat Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU No 31/1999 Jo UU 20/2001.

Seperti diketahui, Mandra pernah diperiksa sebagai saksi dalam kasus ini. Dia diperiksa karena salah satu perusahaannya menjadi pemenang tender dari salah satu program di TVRI di tahun 2012 itu.

Jakarta Dikepung Banjir Hebohkan Dunia Maya


Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya telah menyebabkan banjir di banyak tempat. Berdasarkan data sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga pukul 16.00 WIB, ada 93 titik genangan di Jakarta.

"Banjir tersebar di 35 titik di Jakarta Pusat, 28 titik di Jakarta Barat, 17 titik di Jakarta Utara, 8 titik di Jakarta Timur, dan 5 titik di Jakarta Selatan. Tinggi banjir bervariasi antara 10-80 centimeter. Dampaknya kemacetan parah terjadi di banyak tempat. Beberapa lokasi sudah berangsur surut," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Senin (9/1/2015).

Sutopo menjelaskan, banyaknya banjir di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara ini sesuai konsentrasi sebaran hujan yang berada di Jakarta bagian utara. "Hujan sangat lebat terjadi di Kemayoran (177 mm per hari)," katanya.

"Jika dibandingkan dengan hujan pada banjir Jakarta 2013 dan 2014 lalu, curah hujan hari ini lebih rendah. Buruknya drainase perkotaan dan kurangnya kawasan resapan air, menyebabkan pasokan air permukaan melimpah, sehingga drainase tidak mampu mengatuskan limpasan permukaan," sambung dia.
Pintu Air
Sementara tinggi muka air sebagian besar sistem sungai di Jakarta, lanjut Sutopo, telah naik menjadi Siaga III pada pukul 14.00 WIB, yaitu Bendungan Katulampa 80 centimeter (Siaga III), pintu air Depok 210 centimeter (Siaga III), Manggarai 820 centimeter (Siaga III), Krukut Hulu 165 centimeter (Siaga III), Pesanggarahan 190 centimeter (Siaga III), Angke Hulu 190 centimeter (Siaga III), Pulo Gadung 675 centimeter (Siaga III).

"Sedangkan pintu air Karet 650 centimeter (Siaga I). Kondisi ini menyebabkan daerah-daeah bantaran sungai akan terendam banjir," imbuh dia.

Sutopo mengimbau agar masyarakat di sekitar bantaran Sungai Ciliwung yang akan terkena banjir lebih waspada. Di antaranya adalah Kampung Pulo, Gang Arus, dan Pengadegan.

"Di Kali Krukut wilayah yang terkena banjir adalah Pondok Raya, Pasar Mampang, Pulau Raya, Jati Padang, Cipete Selatan, Pondok Labu, Benhil, dan RS Mintoharjo. Di bantaran Kali Pesanggarahan adalah Cirendeu Indah, Sepolwan, Deplu, IKPN, Ulujami, Perdatam, Tanah Kusir, Cipulir, Cidodol, Kedoya, Perum Kelapa Dua, Pos Pengumben," pungkas Sutopo.

Batu Bacan Hijau Lagi Naik Daun


Batu akik lagi naik daun. Pesonanya memikat banyak orang. Keunikan warna, bentuknya, dan bahkan nuansa mistisnya, terus diburu.
  
Harga sebuah batu akik bisa mulai dari ratusan hingga puluhan juta rupiah. Harga dipengaruhi beberapa faktor, seperti kejernihan, potongan, dan ukuran. Batu Bacan, contohnya. Harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Batu yang berasal dari Bacan, pulau di barat daya Halmahera, Maluku Utara, itu kini menjadi primadona, menjadi buruan banyak orang.
    
Untuk mendapatkan batu mulia atau batu alam ini terbilang mudah. Di Kota Semarang, misalnya, datang saja ke Pasar Dargo di Jalan Dr Cipto. Tempat ini malahan diklaim sebagai Gemstone Center Semarang. Di sana, selain pedagang, banyak pula para perajin.
    
Seperti Chandra (54), warga Jalan Sri Rejeki Kalibanteng Kidul, Semarang, ini datang ke Pasar Dargo untuk memuaskan hobinya berburu batu akik. Ia menyukai batu akik karena keindahan warnanya, kekuatan, hingga menyangkut mistik.
"Saya lebih menyukai Bacan Hijau dan Fire Oval Oranye. Warna cerah dan kemurnian seratnya begitu indah. Rasanya tenang dan bahagia saat melihat batu cincin ini," ungkapnya. Harga batu Bacan milik Chandra dibeli seharga seharga Rp 5 juta di Jakarta.
    
Menurut Chandra, cincin batu akik tak hanya sebatas perhiasan. Secara psikologis, katanya, batu yang dipakai dapat membawa aura positif buat pemakainya. Karena alasan itulah ia senang mengoleksi dan sampai sekarang mengaku memiliki bermacam akik dan batu mulia lainnya seperti zamrud, kecubung, badar besi, safir, lavender, red baron, dll.
"Sebenarnya batu juga dapat dipakai berinvestasi, biasanya saya jual kembali jika memiliki lebih dari satu dengan jenis batu yang sama," ucapnya.
    
Berbeda dengan Syaiful (40), ia lebih suka membeli batu akik yang masih berbentuk mentahan atau bongkahan batu alam. Alasannya, selain bisa melihat langsung bentuk keasliannya juga bisa mendapatkan harga relatif lebih murah.
"Beli bongkahan akik lebih terjamin keasliannya karena dapat melihat dan mengecek langsung. Harga juga lebih murah," terangnya.
    
Ia lebih suka batu akik kelas menengah semacam Nogo Suwi, Sleman, dan Klawing. Guratan siluet yang halus merupakan daya tarik bagi Syaiful untuk mengoleksinya. Ia akan membawa ke perajin untuk dibuat jadi cincin. "Kalau sudah jadi mahal harganya, bisa mencapai Rp 1,5 juta. Lha ini satu bongkahan cuma Rp 30.000 saja," tambahnya.
Itulah uniknya batu alam akik. Harganya relatif. Sebab jika hobi, unik, harga tak bisa dipatok. Kini, batu akik nilainya tinggi, tak kalah pesonanya dengan permata atau  berlian.

Pemerintah Segera Revisi Layana Telekomunikasi

Pemerintah segera menentukan tarif baru layanan industri telekomunikasi terutama untuk sambungan seluler (ponsel). Kini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menyelesaikan rancangan penerapan tarif baru untuk industri telko dan sedang menampung aspirasi publik sampai 20 Februari 2015.
"Dalam rangka pelaksanaan interkoneksi telekomunikasi dan implementasi tarif retail layanan telekomunikasi yang lebih baik, pemerintah berencana untuk melakukan penyempurnaan terhadap regulasi tarif dan interkoneksi," kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, Ismail Cawidu, dalam keterangan resminya,

Teknis implementasi interkoneksi pada industri telekomunikasi Indonesia selama ini diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 tahun 2006 tentang Interkoneksi (PM 8/2006). Sementara tarif layanan telekomunikasi melalui jaringan bergerak selular diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 tahun 2008.
 
PM 8/2006 menjamin pelaksanaan interkoneksi yang transparan, non-diskriminatif dan mengedepankan prinsip cost-based (sesuai biaya) yang dipandang lebih adil bagi para penyelenggara yang berinterkoneksi. Menurut Ismail, perhitungan biaya interkoneksi menggunakan metode bottom up long run incremental cost (BU-LRIC) dengan pendekatan forward looking. “Penyempurnaan regulasi interkoneksi difokuskan pada pendetailan variabel-variabel dalam perhitungan biaya interkoneksi, implementasi interkoneksi antar-penyelenggara serta pelaporan kepada regulator," terusnya.
              
Sedangkan PM 9/2008 mengatur besaran tarif telekomunikasi melalui jaringan bergerak seluler. Penyempurnaan regulasi tarif diharapkan dapat mendorong penyelenggara untuk memberlakukan tarif yang lebih terjangkau oleh masyarakat, mencerminkan kompetisi yang sehat serta menjamin keberlangsungan perkembangan industri yang berkelanjutan.

Konsep penyempurnaan, kata Ismail, mengedepankan perbaikan di formulasi tarif pungut layanan suara dan SMS, batasan tarif pungut, besaran tarif dan jangka waktu promosi, mekanisme kontrol serta pelaporan kepada regulator. Hanya saja, belum disebutkan berapa tarif baru yang akan diberlakukan.
Namun, dalam berbagai latar belakang permasalahan yang menjadi landasan perlunya perbaikan itu terlihat beberapa indicator dan skema solusinya. Kecenderungannya akan terjadi beragam skema dan harga tarif untuk setiap jenis dan situasi operator.

Dalam simulasi tarif interkoneksi yang ditetapkan regulator Rp 200 per menit, seandainya biaya interkoneksi ke operator A Rp 150 maka marginnya Rp 50. Biaya interkoneksi ke operator B Rp 200, margin operator B Rp 0. Biaya interkoneksi ke operator C Rp 300, margin operator C Rp - (minus) 100. Biaya interkoneksi ke operator D Rp 400 maka margin operator D Rp -(minus) 200.

Penyelenggara yang biaya interkoneksinya lebih rendah (operator A), mendapat margin keuntungan sementara penyelenggara yang biaya interkoneksinya lebih tinggi (operator C dan D) mengalami kerugian. Kondisi ini akan lebih buruk apabila pemerintah menurunkan biaya interkoneksi menjadi Rp 150.

Latar belakang lainnya, perkembangan teknologi dan penggunaan layanan telekomunikasi di Indonesia berkembang sangat pesat dalam 5 tahun terakhir, khususnya layanan komunikasi data, dikarenakan tersedianya akses jaringan yang digelar oleh penyelenggara sampai ke pelosok negeri, harga perangkat yang semakin terjangkau, serta adanya "killer application" seperti BlackBerry Messenger (BBM) dan Facebook.
Strategi bisnis yang dilakukan oleh para penyelenggara telekomunikasi merupakan fenomena menarik yang harus dicermati juga misalnya pemberlakuan strategi pentarifan yang berbeda untuk berbagai paket layanan (bundling). Selain aspek bisnis, ada kepentingan masyarakat pengguna yang harus dijaga di sini.

Berdasarkan laporan GSMA tahun 2014 diperoleh gambaran industri telekomunikasi di Indonesia bahwa dari jumlah sim card aktif sebanyak 315 juta digunakan oleh 103,7 juta penduduk. Artinya bahwa rata-rata 1 penduduk memiliki 3,04 nomor pelanggan. Oleh karena itu penetrasi layanan seluler di Indonesia baru mencapai 41 persen dari 251,3 juta penduduk Indonesia.

10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Rasa Kelaparan

Dengan Kalimat Makanlah kalori lebih sedikit dari pada yang anda bakar? sudah menjadi mantra untuk menurunkan berat badan. Masalahnya adalah, mengurangi makanan dan berolah raga lebih pasti akan membuat orang kelaparan, yang mana tidak bisa memberikan perubahan positif dalam jangka panjang. Di artikel ini saya menawarkan solusi praktis dengan menggambarkan beberapa cara yang dapat memposisikan tubuh dalam kondisi  kekurangan kalori dan membantu penurunan berat badan tanpa perlu merasa kelaparan.


Lupakan Kalori
Prinsip kalori memang ada benarnya, tetapi dia tidak memperhatikan fakta bahwa jenis kalori yang berbeda dibakar secara berbeda pula didalam tubuh. Seringkali hanya lemak yang diperhatikan dalam cara diet kalori rendah, ada bukti bahwa ketika kalori yang dimakan sama, individu yang mengkonsumsi lemak paling banyak sebenarnya kehilangan lebih banyak berat badan. Lagipula, efek makanan terhadap selera akan menentukan berat badan dan kemampuan makan. Kunci untuk bisa menurunkan berat badan dalam jangka panjang adalah tidak berkonsentrasi pada jumlah yang anda makan tetapi kualitas makanan-nya.

Makanlah Makanan Kaya Protein
Kalori untuk kalori, protein dikenal bisa memuaskan nafsu makan lebih dari karbohidrat atau lemak. Makanan kaya protein biasanya dapat memuaskan selera makan, karena itu, baik sekali untuk menekankan pentingnya mengkonsumsi makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian dalam diet anda.

Makanlah makanan dengan Indeks Glisemik (GI) rendah
GI adalah ukuran untuk mempercepat dan jumlah dimana makanan melepaskan gula kedalam saluran darah. Semakin tinggi jumlah GI dalam makanan, semakin rendah kepuasan yang didapat. Dari 20 penelitian yang pernah dipublikasikan antara tahun 1977 dan 1999, 16 penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan GI rendah dapat memberikan kepuasan yang didapatkan dari makan dan mengurangi rasa lapar sesudahnya. Selain kentang makanan kaya protein lainnya yang juga memiliki jumlah GI sangat rendah, adalah kacang-kacangan, miju-miju, dan sebagian besar buah dan sayuran.

Makanlah Sarapan
Sarapan pagi bagi kebanyak-an orang dapat menolong mence-gah makan terlalu banyak pada siang hari. Fenomena ini dipelajari secara formal didalam riset yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition. Studi ini menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan lebih banyak pada malam hari, rata-rata memakan lebih banyak kalori daripada orang yang makan porsi besar untuk sarapan paginya. Jadi agar dapat mempunyai nafsu makan yang alami, pastikan anda tidak melupakan makan pagi.

Makan sedikit, Jangan terlalu banyak
Ketika kita kelaparan, sulit bagi kita untuk mengontrol apa yang kita makan dan berapa banyak. Makan diantara waktu makan dan makan sedikit kacang-kacangan ataupun buah-buahan pada siang / sore hari dapat membuat kita makan dengan lebih sehat pada jam-jam makan. Selain itu, makan secara teratur juga dihubungkan dengan rendahnya tingkat Insulin (hormon yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan pada tubuh dengan menstimulasi produksi lemak).

Jangan Beli

Salah satu cara diet yang baik adalah dengan pola pemilihan makanan yang tepat, karena makanan tidak sehat terlalu mudah didapatkan, dan susah untuk tidak memakannya. Cara yang cukup mudah untuk mencapai ini adalah memastikan tidak berbelanja di supermarket ketika lapar. Jadi makanlah sebelum belanja.

Batasi Konsumsi Alkohol
Salah satu cara untuk mengu-rangi mengkonsumsi kalori yang tidak diinginkan adalah mengurangi minum Alkohol. Sebagian berkeinginan untuk minum Alkohol karena persepsi yang dihasilkan oleh alkohol yang berupa rasa dan efek relaksasi. Tetapi, yang tidak banyak diketahui adalah minum alkohol juga bisa disebabkan rasa haus dan lapar. Mempertahankan agar tidak kehausan dan tidak pergi ke bar atau restoran ketika merasa lapar dapat menekan jumlah konsumsi alkohol anda.

Gunakan Piring Kecil
Porsi makan secukupnya akan menjadi sulit jika kita makan dengan menggunakan piring besar, karena makan de-ngan menggunakan piring besar dapat menimbulkan tendensi untuk mengambil dan makan lebih banyak dari yang dibutuhkan. Oleh karena itu makan dengan menggunakan piring dan mangkuk kecil dapat membantu membatasi makan yang berlebih.

Kunyahlah Makanan Anda

Makan lebih lambat dapat membantu memastikan jumlah makanan yang diserap tubuh serta dapat mengurangi resiko makan terlalu banyak. Secara ideal, makan harus dikunyah merata sebelum ditelan. Hal ini juga bisa membantu agar kita tidak menyentuh sisa makanan dan alat makan lagi sampai makanan benar-benar dimakan seluruhnya.

Temukan Diet Ideal Anda
Penelitian psikologis menunjukkan bahwa setiap orang memiliki tingkat ketangkasan metabolisme yang berbeda-beda terhadap makanan tertentu. Mi-salnya, sebagian orang memiliki metabolisme yang sangat bagus terhadap lemak, sedangkan pada sebagian orang lainnya memiliki metabolisme yang prima terhadap karbohidrat.

6 Sensasi Tidur Telanjang, Selain Sehat


Tidur tanpa mengenakan selembar kain apa pun alias telanjang mungkin terdengar lucu. Namun Anda perlu tahu tidur telanjang rupanya memiliki manfaat kesehatan.

Selain merasa sejuk dan nyaman, tidur dalam keadaan telanjang juga dipercaya mampu mengurangi lemak di perut. Apakah Anda percaya?

Berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu untuk tidur telanjang.

1. Menyehatkan kulit dan rambut
Terlalu hangat di malam hari dapat mengganggu pelepasan melatonin dan hormon pertumbuhan utama dan hormon antipenuaan. Jika Anda tidur telanjang, itu artinya hormon tersebut dapat bekerja dengan baik. Ini juga akan membuat kulit dan rambut Anda terlihat mengagumkan.

2. Menyehatkan vagina
Jennifer Landa, penulis buku The Sex Drive Solution for Women mengatakan bahwa tidur telanjang baik untuk kesehatan vagina. Tidur telanjang artinya Anda memberikan sirkulasi udara bagi organ intim. Sebab lingkungan yang hangat dan lembap terkadang menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

4. Seks yang lebih baik
Tidur telanjang juga bagus untuk hubungan Anda. Ketika tidur telanjang, ini memungkinkan terjadinya sentuhan dari kulit ke kulit. Sentuhan ini akan meningkatkan bahan kimia 'merasa baik' seperti hormon oksitosin dalam berpelukan.

Tidur telanjang juga akan mendorong hubungan seks terasa lebih baik. selain itu, Anda akan merasa lebih santai dan lebih mood untuk berhubungan seks dan mencapai orgasme.

5. Mengurangi lemak di perut
Tidur telanjang membantu Anda tidur lebih nyenyak. Ini memungkinkan terjadinya penurunan pada hormon kartisol atau hormon stres ketika beristirahat. Ketika tidur Anda terganggu, kartisol Anda akan tinggi dan membuat Anda terbangun dalam kondisi lapar.

6. Menambah kepercayaan diri
Percaya atau tidak, ketika Anda tidur telanjang, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda. Kepercayaan diri Anda akan meningkat. Saat Anda tidur telanjang, Anda bisa menghidupkan sensasi seperti merasakan lebutnya sprei dan kesejukan udara. Dalam kondisi ini Anda akan merasa seksi dan kepercayaan diri meningkat